Kenali Perbedaan Grit Amplas
26 October, 2020 by
SMB, SMB-AUI Marcom


        Sebelum menggunakan amplas, faktor  yang sangat penting adalah memilih nomor grit yang berpengaruh pada hasil kerja dan seberapa lama pekerjaan dilakukan. Nomor grit biasanya dicetak pada bagian belakang amplas, semakin besar nomor grit maka semakin halus partikel abrasifnya. rentang nomor dari nomor grit yang digunakan adalah antara #60 dan #2000.

Pilihlah jenis amplas yang tepat agar penggunaannya tidak merusak komponen benda kerja. Untuk memenuhi kebutuhan finishing pembuatan amplas selalu diperbarui bahannya, sangat penting untuk kita mengetahui jenis-jenis  dan kebutuhan amplas yang kita ingin gunakan. 

Jenis amplas berdasarkan nomor grit amplas dapat dilihat pada foto dibawah ini

Jenis-Jenis Amplas Berdasarkan No Grit Amplas



  • Permukaan yang sangat kasar, kertas amplas yang memiliki grit 40 hingga 80. Apabila kertas amplas memiliki permukaan sangat kasar maka Anda bisa menggunakannya pada permukaan yang sangat kasar untuk mempercepat proses penghalusan.

  • Permukaan kasar medium, kertas amplas ini memiliki ukuran 100 hingga 150 grit. Jika Anda masih ingin menghaluskan permukaan agak kasar setelah menggunakan amplas grit 80 maka Anda bisa melanjutkan dengan grit 100 hingga 180 ini.

  • Permukaan halus, jenis kertas amplas ini memiliki sisi yang sangat halus dengan tingkat grit 180 hingga 220. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang sangat halus maka Anda bisa menggunakan amplas dengan grit ini.

  • Permukaan ekstra halus. Amplas jenis ini (240-400)biasanya digunakan digunakan pada proses finishing untuk pengamplasan ambang yang biasa dilakukan untuk menghaluskan lapisan cat sebelum ditimpa dengan lapisan cat berikutnya.

  • Permukaan super halus. Biasanya digunakan untuk melicinkan permukaan (400-600). Ada pula jenis micro fine (800-1200) untuk kebutuhan kertas amplas sangat halus.

Temukan jenis amplas pilihan anda di Subur Makmur Bangunan, atau anda dapat melakukan pembelian melalui WhatsApp kami di nomor 08115561913.

sumber : https://www.bioindustries.co.id/jenis-jenis-amplas-7287.html

SMB, SMB-AUI Marcom 26 October, 2020
Tags
Archive