Cara Plamir Tembok Sendiri
26 October, 2020 by
Cara Plamir Tembok Sendiri
SMB, SMB VM & Marcom


Plamir tembok merupakan material pelapis tembok sebelum pengecatan. Plamir tembok berupa cairan putih yang biasanya merupakan campuran kalsium, lem dan air. Plamir tembok berfungsi untuk meratakan permukaan tembok yang biasanya bertekstur, berlubang atau tidak rata. Plamir tembok memudahkan proses pengecatan serta memperbaiki tampilan dinding.

Berikut langkah - langkah pengaplikasian plamir tembok sendiri:

Bersihkan Tembok Terlebih Dahulu

Membersihkan tembok sebelum mengaplikasikan plamir sangatlah penting, sebab pada permukaan tembok terdapat banyak debu dan kotoran yang menempel. Debu dan kotoran dapat mengurangi daya lekat plamir tembok, selain itu debu dan kotoran dapat membuat tekstur pada permukaan yang di plamir tidak rata. Jangan lupa membersihkan sisa lapisan cat lama yang masih menempel.

Menyiapkan Plamir

Bahan plamir tembok dapat dibuat sendiri ataupun membeli langsung pada toko bahan bangunan, jika ingin membuat sendiri kalian bisa mencampurkan Kalsium, Lem dan Air dengan perbandingan yang tepat. Terkadang semen putih juga digunakan sebagai pengganti kalsium tetapi cara ini tidak disarankan. Jika plamir sudah tersedia, tempatkan plamir pada wadah yang cukup lebar agar mudah saat akan mengaplikasikannya.

Mengaplikasikan Plamir

Setelah plamir siap dan telah ditempatkan pada wadah yang lebar sekarang saatnya tahap pengaplikasian plamir, langkah pertama yaitu menyiapkan Kape yang merupakan alat pengerik cat kering dengan alas besi berbentuk segitiga. Ambil plamir dan oleskan dari atas menuju ke bawah dinding tembok, pastikan semua permukaan dinding telah rata dan rapi serta telah tertutupi dengan plamir seluruhnya.

Keringkan Plamir Tembok

Pengeringan plamir tembok juga tidak kalah penting dari proses-proses sebelumnya, untuk pengeringan plamir sendiri dibutuhkan waktu kurang lebih 24 jam hal ini bertujuan agar plamir tembok telah menempel dengan sempurna.

Pengamplasan Dinding

Sesudah kering tahap selanjutnya adalah pengamplasan, saat pengamplasan pastikan pilihlan amplas yang bertekstur lebih halus agar plamir tidak terkelupas akibat amplas yang kasar.

Mengecek Hasil Akhir

Tahap terakhir sebelum pengecatan yaitu pengecekan dinding tembok apakah plamir telah teraplikasikan ke seluruh tembok dan apakah telah rata dan rapi keseluruhan. Saat terdapat lapisan yang kurang rapi lapisan tersebut bisa dilapisi ulang dengan plamir.

Dapatkan Plamir dan Peralatan Pengaplikasian yang sesuai dengan kebutuhan anda hanya di Subur Makmur Bangunan. Untuk pemesanan barang dapat hubungi kami melalui Whatsapp dinomor 08115561913

Referensi : https://www.dekoruma.com/artikel/71063/cara-plamir-tembok-sendiri

Cara Plamir Tembok Sendiri
SMB, SMB VM & Marcom 26 October, 2020
Tags
Archive